Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Sublime Text 3 Build 3211 Full Version

Download Sublime Text 3 Build 3211 Full Version

Apa Itu Sublime Text?

Download Sublime Text 3 Build 3211 Full Version ― Sublime Text adalah aplikasi editor untuk kode dan teks yang dapat berjalan diberbagai platform operating system dengan menggunakan teknologi Phyton API. Terciptanya aplikasi ini terinspirasi dari aplikasi Vim, Aplikasi ini sangatlah fleksibel dan powerfull. Fungsionalitas dari aplikasi ini dapat dikembangkan dengan menggunakan sublime-packages. Sublime Text bukanlah aplikasi opensource dan juga aplikasi yang dapat digunakan dan didapatkan secara gratis, akan tetapi beberapa fitur pengembangan fungsionalitas (packages) dari aplikasi ini merupakan hasil dari temuan dan mendapat dukungan penuh dari komunitas serta memiliki linsensi aplikasi gratis.

Sublime Text mendukung berbagai bahasa pemrograman dan mampu menyajikan fitur syntax highlight hampir di semua bahasa pemrogramman yang didukung ataupun dikembangkan oleh komunitas seperti; C, C++, C#, CSS, D, Dylan, Erlang, HTML, Groovy, Haskell, Java, JavaScript, LaTeX, Lisp, Lua, Markdown, MATLAB, OCaml, Perl, PHP, Python, R, Ruby, SQL, TCL, Textile and XML. Biasanya bagi bahasa pemrograman yang didukung ataupun belum terdukung secara default dapat lebih dimaksimalkan atau didukung dengan menggunakan add-ons yang bisa didownload sesuai kebutuhan user.

Fitur Sublime Text 3

Berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai fitur fitur yang ada pada Sublime:

  1. Multiple Selection. Fitur multiple selection sangat berguna bagi kamu jika mempunyai teks dalam jumlah yang sangat banyak dan ingin menggantinya. Dengan fitur ini kamu tidak perlu pusing dan merasa ribet untuk menggantinya satu persatu. Cara kerjanya sangatlah mudah, hanya dengan klik atau double klik maupun sorot teks yang ingin diseleksi. Setelah itu tinggal kamu tahan Ctrl sambil memilih seleksi teks lainnya. Sublime Text sebenarnya menawarkan banyak kemudahan asalkan kamu sudah mengetahui shortcut tombol dan juga package yang ada di aplikasi Sublime.
  2. Go to Line. Fitur go to line berguna bagi kamu untuk langsung melompat ke bagian baris kode. Sama dengan sebelumnya, cara kerjanya yaitu kamu tinggal pencet tombol CTRL + P, lalu ketik nomor barisnya. Pastikan bahwa kamu tidak lupa untuk mengetik tanda titik dua (:) sebelum mengetikkan nomor barisnya.
  3. Find in Project. Fitur yang ketiga yaitu find in project. Fitur ini memungkinkan kamu agar bisa mencari file yang terdapat di dalam folder project dengan mudah. Cara kerjanya yaitu tinggal pencet tombol CTRL + P kemudian ketikkan nama filenya.
  4. Package Control dan Themes. Yang keempat, package control dan themes. Dengan fitur ini kamu bisa mengganti tema Sublime Text serta dapat memasang plugin lainnya agar Sublime kamu lebih menarik.
  5. Emmet. Plugin emmet sangat berguna bagi kamu yang sering melakukan koding HTML. Kamu akan lebih mudah karena cukup mengetikkan sedikit lalu pencet tombol Tab.

Keunggulan Sublime Text 3

Sejumlah fitur yang ada di dalam Sublime Text membuat aplikasi tersebut banyak sekali diminati oleh para programmer. Ukurannya yang cukup ringan serta sejumlah fitur yang mampu membantu kamu untuk mengetik sejumlah syntax program secara terstruktur dan mudah membuat Sublime sangat bermanfaat. Nah, agar kamu tidak ragu untuk mencoba menggunakan Sublime, berikut ini Kami berikan ulasan mengenai keunggulan Sublime Text.

  1. Memindahkan Baris Syntax secara Cepat. Keunggulan yang pertama yaitu mampu memindahkan baris syntax secara cepat. Ketika kamu menggunakan Sublime Text, kamu tidak perlu untuk copy paste baris syntax. Tentu saja hal ini sangat membantu kamu agar tidak perlu repot dan membuang banyak waktu.
  2. Membuat Comment Lebih Cepat. Keunggulan yang kedua yaitu mampu membuat comment lebih cepat. Tentunya hal ini akan sangat membantu kamu terlebih jika sedang menjalankan aplikasi bersamaan atau secara tim. Dengan menggunakan Sublime, kamu bisa membuat comment lebih cepat karena hanya dengan menekan tombol CTRL + /. Bagi yang masih baru belajar, dapat menggunakan comment agar bisa menandai syntax maupun untuk mematikan fungsi dari syntax selama sementara waktu.
  3. Menggandakan Baris Syntax. Yang ketiga, keunggulan dari Sublime yaitu dapat menggandakan baris syntax di baris tertentu lebih cepat. Caranya sangat mudah karena kamu tinggal mengklik baris yang ingin digandakan, lalu tekan tombol CTRL + Shift + D.
  4. Membuat Struktur dan Elemen HTML / PHP Lebih Mudah. Nah, untuk cara membuat HTML/PHP juga sangat mudah. Hal itu tentu dapat membantu kamu menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Dengan fitur yang tersedia dan secara otomatis dapat membuat element html dengan lebih cepat, hanya menggunakan shortcut CTRL + Spasi. Contohnya jika kamu ingin buat struktur html dengan lebih cepat maka kamu cukup mengetikkan “html” saja. Lalu tekan tombol CTRL + Spasi. Kerangka html dapat terbentuk secara otomatis. Nah jika ingin buat elemen html, kamu juga hanya perlu mengetikkan nama elemennya, selanjutnya tekan tombol CTRL + Spasi. Tidak berbeda ketika membuat struktur dan elemen html, membuat php juga caranya sama seperti yang sudah dijelaskan di atas. kamu hanya perlu mengetik php lalu tekan tombol CTRL + Spasi. Yang perlu diingat yaitu filenya tentu harus terdapat di file php.
  5. Dapat Mengubah Teks dalam Jumlah yang Banyak. Keunggulan berikutnya yaitu dengan Sublime Text, kamu dapat mengubah teks dalam jumlah yang banyak sekaligus dengan lebih mudah dan cepat. Ketika ada banyak kesalahan yang dilakukan ketika mengetikkan teks dalam jumlah yang banyak, kamu tidak perlu khawatir. Dengan fitur yang ada di Sublime, kamu tidak harus memperbaiki kesalahan yang banyak satu persatu. kamu dapat mengubah element html, text, dan sebagainya sekaligus. Caranya juga sangat mudah karena kamu hanya perlu mengeblok teks mana yang ingin diubah. Kemudian, tekan tombol CTRL + D. Setelah itu, kamu hanya tinggal mengubahnya sekaligus.

Download Sublime Text 3 Full Version

Untuk mendapatkan aplikasi Sublime Text 3 ini, kamu bisa download aplikasinya melalui link download yang ada di bawah ini. Jika ada link yang rusak, silakan laporkan kepada admin.

Cara Aktivasi Sublime Text 3 ke Full Version

Sebelumnya perlu kamu perhatikan bahwa aplikasi Sublime Text 3 tersebut perlu diaktivasi agar bisa digunakan secara full version. Oleh karena itu silakan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukan aktivasi pada Sublime Text 3.

  1. Pertama-tama silakan buka https://hexed.it/.
  2. Setelah itu klik menu Open file lalu buka file sublime_text.exe yang ada di C:\Program Files\Sublime Text 3.
  3. Kemudian tekan CTRL + F atau klik pada bagian Search for yang ada di sebelah kanan, lalu cari kode 97 94 0D.
  4. Kamu akan menemukan satu kode yang sesuai, lalu ganti kode tersebut dengan 00 00 00.
  5. Setelah itu klik menu Save as yang ada di bagian atas lalu simpan file tersebut di sembarang lokasi terlebih dahulu.
  6. Kemudian silakan Rename file sublime_text.exe yang ada di C:\Program Files\Sublime Text 3 menjadi sublime_text_old.exe.
  7. Kemudian cut atau pindahkan file yang sebelumnya sudah kamu edit dan save ke lokasi C:\Program Files\Sublime Text 3.
  8. Silakan buka file sublime_text.exe yang baru saja kamu pindahkan tadi.
  9. Buka menu Help dan pilih Enter License dan masukkan kode lisensi berikut ini.
  10. ----- BEGIN LICENSE -----
    TwitterInc
    200 User License
    EA7E-890007
    1D77F72E 390CDD93 4DCBA022 FAF60790
    61AA12C0 A37081C5 D0316412 4584D136
    94D7F7D4 95BC8C1C 527DA828 560BB037
    D1EDDD8C AE7B379F 50C9D69D B35179EF
    2FE898C4 8E4277A8 555CE714 E1FB0E43
    D5D52613 C3D12E98 BC49967F 7652EED2
    9D2D2E61 67610860 6D338B72 5CF95C69
    E36B85CC 84991F19 7575D828 470A92AB
    ------ END LICENSE ------
  11. Setelah itu Sublime Text 3 kamu akan berhasil diaktivasi dan sudah bisa digunakan.
  12. Happy coding!

Jika kamu gagal dalam mengedit file sublime_text.exe melalui situs yang ditunjukkan di atas, kamu bisa langsung download file sublime_text.exe tersebut di sini dan silakan masukkan lisensi yang sama seperti di atas.

Untuk menghindari kegagalan aktivasi ketika sudah sering digunakan nantinya, kamu bisa mengikuti petunjuk berikut ini untuk mengatasinya dengan memblokir akses ke situs sublime text, caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Notepad dengan Run As Administrator.
  2. Setelah Notepad terbuka, tekan CTRL + O.
  3. Ganti pilihan Text Documents (*.txt) yang ada di sudut kanan bawah menjadi All files (*.*). Lalu buka file host yang ada di C:\Windows\System32\drivers\etc.
  4. Kemudian tambahkan teks berikut ini di bagian paling bawah.
  5. 127.0.0.1 www.sublimetext.com
    127.0.0.1 sublimetext.com
    127.0.0.1 sublimehq.com
    127.0.0.1 telemetry.sublimehq.com
    127.0.0.1 license.sublimehq.com
    127.0.0.1 45.55.255.55
    127.0.0.1 45.55.41.223
    0.0.0.0 license.sublimehq.com
    0.0.0.0 45.55.255.55
    0.0.0.0 45.55.41.223
  6. Setelah itu tekan CTRL + S untuk menyimpan perubahan pada file host tersebut.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai aplikasi Sublime Text. Dengan menggunakan aplikasi tersebut kamu bisa menulis berbagai kode pemrograman dan juga mengubah file dalam bentuk apapun. Dengan menggunakan fitur-fitur yang tersedia di dalam Sublime Text, kamu dapat menyelesaikan berbagai pekerjaan dengan lebih mudah dan cepat.

Selain itu, kamu juga tidak perlu merasa pusing dan kesulitan ketika ingin memperbaiki kesalahan penulisan dalam jumlah yang lumayan banyak. Berbagai fitur yang ada juga merupakan hasil temuan serta mendapatkan dukungan yang penuh dari komunitas dan juga mempunyai lisensi aplikasi yang gratis.

Berbagai macam bahasa pemrograman bisa dimaksimalkan dengan menggunakan Sublime Text. Jika kamu tertarik menggunakannya bisa langsung saja mendownload aplikasi tersebut. Dengan begitu kamu akan merasakan kemudahan yang bisa diperoleh dari fitur yang disediakannya.

Perhatian!
Loading...

Best regard, Hadpur.com

Posting Komentar untuk "Download Sublime Text 3 Build 3211 Full Version"